About Me

bank

Babinsa Koramil 12/Ngawen Nguri-uri Budaya Tayub


Mitra Babinsa.Com, Blora - Babinsa Desa Gondang Sertu Sumarji  menghadiri acara tradisi dan budaya Sedekah Bumi dan bersih-bersih desa betempat di kediaman Kepala Desa Gondang Kec. Ngawen dengan menggelar Doa bersama dan hiburan Seni Budaya Tayub, Rabu malam (31/7/2019).

Kegiatan melestarikan seni tayub/gambyong  dan sedekah Bumi merupakan ungkapan rasa syukur kepada tuhan atas berkah hasil panen yang melimpah dan juga kegiatan ini bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan selain itu Bersih Desa dan Sedekah Bumi juga bertujuan untuk memohon berkat agar hasil panen berikutnya dapat melimpah.

 
Babinsa Desa Gondang Sertu Sumarji menyampaikan bahwa, acara adat seperti ini adalah salah satu contoh melestarikan nilai-nilai luhur budaya dari nenek moyang masih terjaga sampai detik ini. Salah satu acara budaya yang masih dilestarikan adalah Upacara Adat Doa bersama dan sedekah makanan atau disebut dengan Selamatan yang dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya jawa tari tayub atau Gambyong yang digelar setiap acara bersih desa ( Sedekah Bumi) .ungkapnya. 

Sedekah makan dan berdoa bersama yang dilanjutkan dengan seni dan budaya tarian tayub diadakan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah yang telah diberikan Tuhan selama setahun yang lalu. Selamatan yang dilanjutkan tarian tayub, pungkasnya. (slk12)

Posting Komentar

0 Komentar