About Me

bank

Babinsa Koramil 04/Tunjungan Latih Paskibra Tingkat Kecamatan


Mitra Babinsa.ComBLORA - Puncak peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahun selalu diperingati seluruh bangsa Indonesia mulai dari tingkat pelajar, siswa SLTP, SLTA, Kalangan mahasiswa hingga masyarakat luas. Hal ini menunjukan rasa cinta tanah air masih cukup tinggi. Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 04/Tunjungan Serka Bakiman dan Sertu Sudadi Ahmad saat melatih sejumlah siswa tingkat SLTA yang tergabung dalam pasukan pengibar bendera (Paskibra) wilayah Kec. Tunjungan Kab. Blora, Sabtu (10/8).

Para siswa/siswi terpilih tersebut merupakan gabungan dari beberapa sekolah di wilayah Kec. Tunjungan. Kini mereka tengah menghadapi latihan dan gemblengan dan dilatih trengginas secara fisik. Setiap mengawali kegiatan Serka Bakiman senantiasa memimpin mereka dengan gerakan senam terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan gerakan dasar baris berbaris. Materi yang ditekankan dalam latihan ini adalah sikap dan perilaku yang agar saat tampil pada acara puncak mampu meninggalkan kesan baik.

Gemblengan fisik ini juga bertujuan untuk membentuk mental para siswa, sehingga kegiatan nantinya menjadi konsumsi mereka di kemudian hari. Anak-anak pun menjalani serangkaian kegiatan bukan saja materi fisik, mereka pun juga dibekali materi non fisik berupa wawasan kebangsaan dan sejarah berdirinya Paskibra.

"Sebelum terjun kita berikan pemahaman-pemahaman tentang kebangsaan, lalu saya lanjutkan dengan kegiatan fisik seperti lari kecil keliling lapangan. Kegiatan juga dilanjutkan dengan latihan formasi baris mulai dari berbanjar, bersyaf, belok kanan, belok kiri dan sebagainya secara baik dan benar. Makan pun kami atur agar diantara mereka timbul kekompakan dan jiwa kebersamaan. Saya juga menghendaki mereka untuk bisa menerapkannya di sekolah masing-masing setelah selesai dari sini sebagai duta berbaris bagi adik-adiknya." ujar Bakiman. (pw)

Posting Komentar

0 Komentar