About Me

bank

Tradisi Sedekah Bumi, Wujud Rasa Syukur dan Gotong Royong Yang Perlu Dilestarikan


Mitra Babinsa.Com. Blora - Sedekah  Bumi, merupakan perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT dan bukti nyata gotong royong warga masyarakat setempat. Dua nilai yang terkandung di dalam sedekah bumi ini hendaknya dilestarikan dan ditata sebaik mungkin karena memiliki kekuatan religius dan Pancasilais.

Demikian disampaikan  Pj Kepala Desa Bogorejo Suprapto, S.Sos,., saat menghadiri  Sedekah Bumi di Dukuh Kedungjangan Desa Bogorejo, Kabupaten Blora, hal ini perlu dilestarikan dan di turunkan sampai anak cucu kita nanti, jangan sampai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang yang semakin canggih ini kita menghilangkan adat dan tradisi dari nenek moyang kita, ungkapnya. Sabtu (13/7/2019) 

Dalam kesempatan itu pula hadir Dan Pos Ramil Bogorejo Pelda Ahib, Babinsa Serda Rusdiyono, Bhabinkamtibmas Aipda Sutarji, masyarakat Dukuh Kedungjangan. 

Babinsa Bogorejo Serda Rusdiyono mengaku gembira dengan semangat gotong royong yang telah diwujudkan warga masyarakat Kedungjangan Desa Bogorejo. Para warga yang memiliki rezeki lebih bisa memberi kepada kaum dhuafa. Demikian juga yang dhuafa mendoakan warga  yang mampu dan tetangga di sekitarnya.

“Tingginya nilai-nilai agama dan kegotongroyongan telah tercermin dalam semarak sedekah bumi ini,” tuturnya.

Semarak sedekah bumi yang digelar oleh dua desa yang berdampingan,  lanjutnya, menunjukan bahwa nilai agama dan semangat gotong royong mampu mewujudkan kekuatan persatuan dan kesatuan. 

“Semoga langkah positif kebersamaan, persatuan dan kesatuan ini bisa dicontoh oleh desa desa lain yang berdampingan,” ajaknya.

Dalam acara ini juga dimeriahkan hiburan rakyat langgam tayub yg dilaksanakan di sendang Dukuh Kedungjangan Ds Bogorejo.

Dalam acara tersebut juga diarak gunungan yang berisi hasil bumi seperti padi, palawija dan buah-buahan. Sesampainya di garis finish, masyarakat setempat saling berebut gunungan, karena dipercaya mendapatkan barokah karena gunungan tersebut sudah didoakan oleh para Kyai.

Sedekah bumi ini,  merupakan syukuran para Petani yang sudah berlangsung satu tahun petani merasa bersyukur karena dalam setahun bisa memanen hasil bumi. (mdr02)

Posting Komentar

0 Komentar