About Me

bank

Danrem 073/MKT Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H



BLORA - Bertempat di Lapangan apel Kodim 0721/Blora, Selasa (11/4) Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P., memimpin apel kesiapan pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di wilayah Kabupaten Blora.

Dalam apel kesiapan pengamanan tersebut dihadiri oleh Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han), Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, SIK, MM, MH., Danyonif 410/Alugoro Letkol Inf Muhammad Arif, S. Hub,Int., Ps. Kasiops Korem 073/MKT Mayor Inf Ketut Hendra Bidiharja yang diikuti oleh para perwira Kodim, Polres, dan Yonif 410/Alugoro.

Adapun arahan Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi,  pada intinya menyampaikan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan kesiapan pelaksanaan dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H, pengamanan Operasi Ketupat tahun 2023 sudah didepan mata, kita ketahui bersama  saat ini pemerintah sudah mencabut status Pandemi Covid-19 sehingga perayaan lebaran kali ini pasti akan lebih ramai lagi.

"Antisipasi arus mudik membludak sehingga perlu persiapan yang lebih dalam pengamanan ini kita membackup Polres Blora, ada beberapa pos pelayanan dan pos pantau dan setiap pos tentunya ada beberapa shift dalam tiap pergantian  pos,"tegas Danrem.


Danrem juga mengingatkan dalam pelaksanaannya harus betul-betul disiplin, pengamanan lebaran ini dilaksanakan secara terpadu oleh TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah (Dishub, Satpol PP, BPBD) sehingga kita harus bersinergi dengan instansi terkait.

"Laksanakan tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengamanan bersama terpadu sehingga tiap-tiap perorangan prajurit harus bertanggung jawab dalam rangka pelaksanaannya dan paling terpenting utamakan faktor keamanan,"tegas Kolonel Purnomosidi.

Sementara itu, Dandim Blora mengungkapkan dalam pelaksanaan pengamanan saat lebaran kita akan mengerahkan 90 orang personil di pos pantau, dan 90 orang personil ini nantinya akan terbagi di pos pantau dan pos pelayanan di wilayah Kabupaten Blora.


"Pelaksanaan tugas nantinya akan dilaksanakan secara shift, nantinya personil yang naik di masing-masing pos akan dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok akan menjalankan tugas selama 8 jam bersama dengan rekan rekan dari Kepolisian, Satpol PP, Dishub, dan BPBD," ungkapnya.

Selain personil tersebut Kodim Blora juga menyiapkan pasukan cadangan sejumlah 1 SSK dan 2 SSK pasukan siap gerak dari Yonif 410/Alugoro yang nantinya mengantisipasi  karena kita di Blora tidak hanya pengamanan hari raya idul Fitri saja tapi mengantisipasi terjadinya bencana alam juga, imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, menyampaikan bahwa untuk pengamanan pada prinsipnya di pusat-pusat kegiatan masyarakat dan daerah - daerah yang berbatasan dengan provinsi. "Baik itu yang berbatasan dengan Bojonegoro kami tempatkan di Cepu dan Menden, yang berbatasan dengan Purwodadi kami tempatkan di Kunduran, namun untuk kegiatan masyarakat juga kita pusatkan di alun-alun Blora dan juga akan kita tambahkan pengamanan untuk stasiun dan terminal," jelasnya.

Pada prinsipnya yang sebagaimana disampaikan Pak Danrem, lebaran tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, aktivitas masyarakat akan meningkat, jadi harapan kita walaupun sudah dicabut dari pandemi menjadi endemi untuk tetap menjaga kesehatan, keselamatan,dan tidak euforia berlebih, dan utamanya keamanan adalah nomor satu, pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar