About Me

bank

Pembinaan Generasi Muda Melalui Saka Wira Kartika Dilakukan Koramil 01 Blora

BLORA - Koramil 01/Blora Kodim 0721/Blora melalui Serma Srinadi melaksanakan pembinaan terhadap Saka Wira Kartika yang ada dalam naungan Koramil 01/Blora, Minggu (26/3/2023) sore.

Kegiatan berlangsung di Lapangan Kridosono Blora, sebanyak 27 anggota putra dan putri Saka Wira Kartika yang berasal dari Gerakan Pramuka di wilayah binaan. Peserta menerima pembekalan materi, diantaranya pembentukan karakter dan kedisiplinan, PBB, wawasan kebangsaan, Krida Navigasi Darat (Navrat), Krida Mountainering, Krida Pioneering dan Krida penanggulangan bencana alam.

Dalam kesempatan lain, Danramil 01/Blora Kapten Inf Subeno menyampaikan, anggota Saka Wira Kartika merupakan wadah dalam memobilisasi kader bela negara yang berwawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Saka Wira Kartika merupakan gerakan Pramuka di bawah binaan TNI AD bertujuan menciptakan kader-kader bangsa melalui pemberian pendidikan matra darat bagi gerakan pramuka melalui aksi nyata, produktif dan bermanfaat,” terang Danramil.

Masih menurut Danramil, gerakan Kepramukaan memiliki peran strategis dalam pembentukan kader-kader bangsa sekaligus merupakan salah satu wahana pendidikan non formal dalam membentuk karakter bangsa bagi generasi muda. Karena didalamnya banyak menanamkan untuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengajarkan kerelaan untuk berkorban dan tolong menolong antar sesama.

“Diharapkan gerakan pramuka tetap eksis dan solid dalam mendarmabaktikan karya dan sumbangsihnya demi pembangunan bangsa dan kejayaan NKRI,” pungkas Danramil.

Posting Komentar

0 Komentar