About Me

bank

Bersama DPUPR, Kodim 0721/Blora Giatkan Penghijauan di Kawasan Embung


BLORA - Komando Distrik Militer (Kodim) 0721/Blora bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Pemerintah Desa Geneng serta Pemerintah Kecamatan Jepon melaksanakan kegiatan reboisasi/penghijauan di kawasan embung dan sepanjang jalan desa Geneng, Selasa (14/2/2023). 

Dandim 0721/Blora  Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han) melalui Pasi Ter Kodim 0721/Blora Kapten Inf Lukman Hakim, S.Sos, menjelaskan sesuai instruksi dan perintah dari pimpinan yang di atas untuk melaksanakan kegiatan penghijauan. 

“Kami melaksanakan penghijauan ini di Desa Geneng, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Untuk bibit tanaman yang kita tanam, yaitu buah-buahan dan tanaman keras. Hari ini, selain di tepi embung juga kita tanam di sepenjang jalan 1 Km, di wilayah desa Geneng juga,” jelas Pasi Ter Kodim 0721/Blora Kapten Inf Lukman Hakim, S.Sos. 

Adapun rincian jenis tanaman dalam kegiatan reboisasi/penghijauan yaitu tanaman buah-buahan 50 dan tanaman keras 150 bibit. 


Kepala DPUPR Blora Ir. Samgautama Karnajaya, MT., melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air, Surat, ST., MT., saat berada di lokasi menyampaikan kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama dengan TNI Kodim 0721/Blora. 

“Kami ucapkan terima kasih, dengan kolaborasi dan bersama-sama nanti kita bisa mewujudkan program penghijauan Kabupaten Blora akan lebih optimal,” kata Kabid SDA DPUPR Blora, Surat.

Kedepannya, kata Surat, pihaknya akan mendorong dan sudah berdiskusi dengan Pasi Ter Kodim 0721/Blora, akan melakukan penghijaun di bantaran sungai Lusi. “Kedepan kami juga mendorong agar kegiatan seperti ini juga kita giatkan di sepanjang bantaran sungai Lusi secara Sesarengan dengan berbagai pihak dari Pemerintah kabupaten, Kecamatan, Kelurahan/desa dan jajaran TNI/Polri untuk bisa Sesarengan mewujudkan konservasi sumber daya air di wilayah Kabupaten Blora sebagai antisipasi dan pencegahan terhadap bencana alam tanah longsor dan banjir di wilayah Kab. Blora,” terangnya, 

Surat menambahkan, kita senantiasa giatkan konservasi SDA ini dengan melakukan kegiatan penghijauan di lokasi masing-masing sesuai dengan visi misi Bupati Blora "Sesarengan Mbangun Blora Berkelanjutan"

“Mari kita juga giatkan sesarengan konservasi sumber daya air di wilayah Kabupaten Blora ini untuk mencegah dan mengurangi dampak dari bencana tanah longsor dan banjir yang ada di wilayah Kab.Blora,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Jepon Drs. Bukri, M.Si., mengatakan jenis bibit tanaman yang ditanam di antaranya jambu air, jambu kristal, sukun dan mahoni. Sedangkan bibit ikan yang ditebar di embung sebelumnya, nantinya untuk pemancingan masyarakat desa setempat yang akan diatur oleh Kepala Desa.
 
“Diharapkan nanti ada pertumbuhan ekonomi di sekitar embung Geneng. Seperti dikasih gazebo, ada wahana istirahat, wahana swafoto untuk anak muda, ada warung kopinya, sambil menikmati hijaunya tumbuhan, padi yang sudah menguning,” tuturnya.
 
Sementara itu Kades Geneng, Jati, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan penghijauan di wilayahnya.
 
“Wah, ini luar biasa sekali, memang kedepan saya kepingin Desa Geneng, menjadi Geneng Hijau, setiap tahun sudah kita adakan lomba penghijauan, dan kegiatan itu terus berlanjut, termasuk hari ini, kita kerja sama dengan Kodim 0721/Blora, DPUPR dan Kepolisian,” kata Jati.

Posting Komentar

0 Komentar