About Me

bank

Bantu Panen Padi, Babinsa Makan Bersama Petani di Sawah

BLORA - Dalam rangka mendukung program Pemerintah tentang Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 11/Jati Jajaran Kodim 0721/Blora Serda Nyamin turun ke sawah membantu petani memanen padi di dukuh Ledok Desa Bangklean Kecamatan Jati, Kamis (23/02).

Pendampingan kepada petani oleh Babinsa dilakukan dengan sangat humanis penuh keakraban dan dengan suasana kekeluargaan sehingga para petani merasa tidak canggung menerima kehadiran babinsa di tengah-tengah mereka.

Membangun kedekatan dan kepercayaan kepada seluruh elemen masyarakat termasuk petani menjadi langkah penting bagi babinsa di wilayah binaan. Menghadapi para petani Babinsa dituntut bisa lugas dan luwes mengingat budaya warga Blora yang sangat halus dan ramah sehingga upaya mendukung dan mensukseskan program pemerintah bisa berhasil.

Hal serupa yang selama ini sudah dilakukan oleh seluruh anggota Koramil 11/Jati termasuk Serda Nyamin saat melakukan tugas pendampingan, “Mereka para petani saya anggap seperti saudara sendiri, kami turun ke sawah bersama, menyiapkan lahan, menanam, merawat dan memanen bersama, bahkan kami juga makan di sawah bersama mereka” tutur Nyamin.

Di tempat terpisah Danramil 11/Jati Kapten Inf Suyadi mengatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen merupakan bentuk pendekatan emosional terhadap petani dan masyarakat binaannya, hal ini untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan Pemerintah. ”Koramil Jati akan selalu siap mendampingi para Petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan Nasional di Kab. Blora,” katanya.

Sementara itu Suparno (48) menyampaikan kegembiraannya saat dibantu oleh Babinsa memanen padinya, “Matur Nuwun pak babinsa telah membantu saya memanen padi. Tadinya saya pikir Tentara hanya bisa pegang bedil, ternyata pandai juga bertani dan luwes bawa sabit” kata Parno sambil tersenyum.

Posting Komentar

0 Komentar