About Me

bank

Antisipasi Penyakit PMK Pada Hewan Ternak Babinsa Komsos Dengan Peternak Sapi

BLORA – Serka Saimin Babinsa Koramil 09/Randublatung Kodim 0721/Blora melaksanakan Komsos sekaligus pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan ternak milik warga sebagai antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Babinsa dengan menyambangi kandang sapi milik Sutejo yang berlokasi di dukuh Ngadirojo RT 09 RW 01 Desa Sumberejo Kecamatan Randublatung, Jumat (20/01/2023).

Dalam kegiatannya Babinsa Serka Saimin juga melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.

Menurutnya dilakukannya kegiatan tersebut untuk mengantisipasi wabah PMK dengan melihat langsung hewan ternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK, ujar Serka Saimin

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain.

“Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mulut, kepada instansi terkait,” tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar