About Me

bank

Cegah Stunting dan Pernikahan Anak, TMMD Sengkuyung Tahap II Gelar Sosialisasi di Desa Sempu


BLORA - Tim Penggerak PKK Blora ikut turun gunung ke Desa Sempu, Kecamatan Kunduran dalam rangka memberikan sosialisasi tentang pernikahan anak dan mengatasi Stunting kepada ibu-ibu warga desa setempat, yang saat ini dijadikan sasaran TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0721/Blora. 

Sosialisasi yang digelar di Balai Desa Sempu itu, diikuti oleh puluhan ibu-ibu warga setempat. Kamis (18/8/22)

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Sholichah, S.H.,M.Pd.AUD., M.Pd.BI yang tampil sebagai narasumber mengatakan, sosialisasi tentang pernikahan anak perlu diberikan kepada warga di desa Sempu yang menjadi lokasi sasaran TMMD, mengingat pernikahan dini di wilayah pedesaan terbilang cukup besar.

Selain itu, Hj. Ainia Sholichah juga mengingatkan pentingnya penyuluhan pencegahan stunting, pihaknya akan memberikan pengetahun tentang kondisi balita yang mengalami stunting.

Menurut nya, faktor penyebab stunting antara lain pola pengasuhan balita yang salah, kekurangan gizi pada bayi, asupan makanan kurang bergizi dan kurangnya kebersihan lingkungan tempat tinggal serta pernikahan usia dini. 

“Dampak dari stunting di antaranya terjadi gangguan pertumbuhan fisik, metabolisme dan jangka panjangnya anak-anak menjadi kurang cerdas dan anak menjadi sering sakit, ” ujarnya.

Sedangkan untuk mencegah stunting adalah dengan cara pola asuh balita yang baik, asupan gizi yang baik pada balita dan kesehatan serta sanitasi lingkungan yang sehat dan bersih serta  rutin ikut Posyandu.

Posting Komentar

0 Komentar