About Me

bank

Tradisi " Buka Bumi " Awali Kegiatan Karya Bakti Mandiri Kodim 0721/Blora di Desa Wonosemi

Mitrababinsa.ComBlora - Karya Bakti Mandiri Kodim 0721/Blora Semester 1 Tahun 2022 segera dimulai, ada yang unik dalam hal ini yakni warga desa Wonosemi Kecamatan Banjarejo menamai dengan sebutan " Buka Bumi " yaitu tradisi berdoa kepada Allah SWT dengan tujuan memohon kelancaran serta keselamatan dalam mengawali suatu pekerjaan hingga pekerjaan tersebut selesai. 

Komandan Kodim 0721/Blora, Letkol Inf Andy Soelistyo KP. S.Sos., M.Tr (Han) melalui Pasiter Kodim 0721/Blora, Kapten Cpl. Sumanto mengatakan bahwa kegiatan KBM dengan sasaran jalan penghubung Desa Wonosemi Kecamatan Banjarejo  ke Desa Tanggel Kecamatan Randublatung akan segera dimulai dalam waktu dekat dan saat ini sudah dilakukan tradisi warga masyarakat setempat yaitu " Buka Bumi".


" Saat ini kami bersama Kades, Perhutani serta warga masyarakat desa Wonosemi dan warga desa Banyurip sedang melaksanakan ritual "Buka Bumi" yang intinya warga masyarakat sangat bersyukur dengan adanya pembangunan jalan ini seraya memohon kepada Allah SWT supaya kegiatan KBM nanti, warga masyarakat diberikan kelancaran serta keselamatan dalam beraktivitas,"kata Kapten Sumanto. 

Hal seperti ini sudah menjadi tradisi atau kegiatan turun temurun sehingga tidak asing lagi bagi warga desa Wonosemi dalam meluapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. " tambah Pasiter


Atas nama Pemdes Wonosemi, Yanto  selalu Kades mengucapkan bahwa warganya akan mendukung dan sangat gembira dengan adanya pembangunan jalan penghubung tersebut karena akses tersebut sangat diharapkan warga sejak lama. 

" Warga sangat gembira bahkan jalur yang tadinya mati bisa hidup untuk akses meningkatkan perekonomian warga, " ujar Kades Wonosemi

Sedangkan Waras (52), warga dukuh Banyurip Desa Banjarejo merasa sangat senang dengan adanya pembangunan jalan penghubung tersebut, bahkan laki -laki paruh baya tersebut menceritakan kalau dirinya bersama warga lainnya siap terjun langsung bersama - sama TNI untuk bergotong - royong membangun jalan tersebut. 

" Kami sudah puluhan tahun terisolir pak, dengan adanya pembangunan jalan ini, kami bersama warga lainnya sangat gembira sekali, puluhan tahun kami berharap jalan ini dibangun, alhamdulillah akhirnya terkabulkan doa kami semua, dan kami siap turun ke lapangan untuk bergotong - royong bersama TNI demi masa depan anak cucu kami," Terang Waras

Dukuh Banyurip merupakan salah satu wilayah Desa Banjarejo yang terletak di tengah hutan perbatasan Kecamatan Randublatung dan Kecamatan Banjarejo, wilayahnya sangat terisolir karena keadaan jalan yang merupakan tanah liat, sehingga di saat musim hujan warga sulit untuk beraktivitas, seperti akan pergi ke pasar, anak - anak pergi kesekolah, ataupun guru akan mengajar ke dukuh Banyurip. (sr)

Posting Komentar

0 Komentar