About Me

bank

Bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas, UPTD Pertanian Blora Tanam Jambu Kristal

BloraMitrababinsa.Com – Demi mengurangi polusi udara sekaligus untuk penghijauan, babinsa Desa Pelem Sertu Sukimin bersama Bhabinkamtibmas dan petugas dari UPTD Pertanian kec.  Blora dengan di bantu Perangkat desa menanam pohon jambu Kristal di lahan milik Kades Pelem Kusno, lokasi lahan berada di sebelah timur pasar desa Pelem atau lebih tepatnya di Rt 03 Rw 02 desa Pelem Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Rabu (26/08/2020)

Sertu Sukimin yang merupakan anggota dari Koramil 01/Blora Kodim 0721/Blora menyampaikan, " dengan dipilihnya tanaman berbuah karena pertumbuhannya cepat dan rindang, kalau sudah besar nantinya juga untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan serta mengurangi efek dari pemanasan global. Tujuan penanaman pohon berbuah ini dalam jangka panjang adalah warga akan menikmati dari buahnya dan bisa menjadikan sumber inspirasi warga yang nantinya bisa menjadikan sumber pendapatan tambahan bagi keluarga, selain itu juga untuk mengisi ruang terbuka hijau, sehingga warga lebih peduli, mereka mau memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada di sekitar mereka.

Sementara itu Kades Pelem Kusno mengatakan, "salah satu buah favorit semua kalangan adalah jambu biji, dan varietas jambu biji yang paling banyak disukai adalah jambu kristal, karena varietas kristal selain ukurannya lebih besar, rasanya juga manis dan teksturnya lebih renyah dari varietas jambu biji lainnya, bahkan struktur daging buahnya hampir seperti buah apel bercampur pir. Kelebihan utama dari jambu ini adalah tidak memiliki biji, meski dari luar buah ini tidak ada bedanya dengan bentuk buah jambu biji pada umumnya terkecuali masalah ukuran.

“Penanaman pohon Jambu Kristal dan yang lainnya juga sebagai penyeimbang alam. Selain itu bisa mengurangi erosi yang diakibatkan oleh tergerusnya tanah karena kurangnya pepohonan sehingga dapat menimbulkan bencana banjir. Dengan banyaknya pohon maka struktur tanah akan semakin padat dan akar pohon dapat menyerap air. Sehingga bahaya bencana tanah longsor maupun banjir dapat diminimalisir,”ujarnya. (pen01)

Posting Komentar

0 Komentar