About Me

bank

Sinergitas TNI-Rakyat, Anggota Posramil Hadiri Sedekah Bumi



Mitra Babinsa.Com, Blora - Senin (01/07) Anggota Posramil Bogorejo Serda Mindar, menghadiri acara tradisi sedekah bumi warga Desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora. Tradisi ini sebagai wujud syukur karena panen tahun ini melimpah.

Menurut Serda Mindar acara sedekah bumi sebagai bentuk puji syukur kepada Allah  SWT atas hasil panen padi,jagung dan tanaman lain yang melimpah tahun ini. “Acara ini diselenggarakan selama satu hari dan sudah ada sejak zaman dahulu, saya juga mengapresiasi kebersamaan masyarakat dalam menjaga tradisi leluhurnya,” ucap Serda Mindar.

Kepala Desa Nglengkir Suparman, S.Pd., juga menjelaskan rangkaian acara berupa tasyakuran di sendang nglengkir dan Balai Desa dan  di rumah Kepala Dusun, dan di lanjutkan bersama-sama ziarah di makam dan mendoakan para leluhur, acara dilanjutkan dengan pagelaran Orkes Dangdut.
 
Tradisi arak-arakan gunungan, yang dilanjut rombongan punokawan, prajurit, barongan dan jedoran. Pada puncak acara digelar pertunjukan kesenian rakyat berupa pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Prayitno.

Dengan diadakannya sedekah bumi ini, diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kerukunan antar warga. "Ini merupakan sebagai wujud kebersamaan antara masyarakat yang bisa bersama-sama menjaga kebersamaan dalam keberagaman antara dusun- dusun yg lain atau  dengan desa di Nglengkir," tutur Suparman. (mdr02)

Posting Komentar

0 Komentar