About Me

bank

Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Kalangan Dampingi Petani Panen Padi



Mitra Babinsa.Com, Blora – Upaya Khusus (Upsus) pendampingan petani yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan jerih payah petani di Desa Kalangan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah berbuah manis.

Hasil panen padi kali ini mengalami peningkatan yang memuaskan para petani, termasuk hasil panen padi di sawah milik Kamidi (62) dari kelompok Tani (Poktan) Ngudi Makmur di Desa Kalangan.

Tampak Sersan Satu (Sertu) Sardi, Babinsa Desa Kalangan Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora tampak sedang membantu salah satu warga di desa binaan tersebut, memanen padi jenis Ciherang di lahan seluas 0,3 ha.

“Pendampingan Babinsa kepada petani diawali sejak persiapan lahan, penggarapan lahan, penyebaran benih, penanaman, pemeliharaan, hingga musim panen tiba,” tutur Sertu Sardi, ketika ditanya tentang keikusertaannya dalam membantu petani panen padi.

Ia juga mengungkapkan bahwa pendampingan kepada petani merupakan program Upsus untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan hasil panen menuju swasembada pangan di wilayah.

Kamidi sendiri merasa sangat bersyukur dengan hasil panen yang diperolehnya, meski belum mencapai hasil maksimal 5 kwintal, tetapi hasil panen padi jenis Ciherang ini sudah sangat memuaskan.

 “Ya ini karena lahannya tidak sampai 0,5 ha. Terima kasih Pak Babinsa yang telah membantu petani di Poktan Ngudi Makmur ini,” ujar Kamidi. (pw)

Posting Komentar

0 Komentar