About Me

bank

Perbaikan Pematang Sawah Demi Suksesnya Bercocok Tanam


Mitra Babinsa.Com, Blora - Babinsa Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora Koptu Lusten, melaksanakan pendampingan upsus kepada petani membantu membuat galengan sawah seluas kurang lebih 2500 meter, dalam rangka percepatan tanam selanjutnya. Aksi membuat galengan sawah dilakukan di sawah milik Supri yang terletak di Desa Gempolrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, Minggu (30/06).

"Pembuatan galengan atau pematang sawah menggunakan alat cangkul dengan cara mencangkul pada batas sawah dan dibentuk selokan agar air yang digunakan untuk mengairi sawah tidak terhambat, dengan cara ini dapat menghemat air dalam proses mengolah sawah sebelum dibajak. Bukan hanya itu saja manfaatnya, selain itu juga untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistem membuat galengan juga berguna untuk pembatas sawah satu dengan sawah yang lain," tutur Koptu Lusten. 

Babinsa Koramil 04/Tunjungan menjelaskan, pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan atau pematang sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman. (pw) 


Posting Komentar

0 Komentar