About Me

bank

Nguri Uri Kebudayaan Tradisional Warisan Nenek Moyang


Mitra Babinsa.Com, Blora - Acara Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat jawa berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. Upacara ini biasanya ditandai dengan acara selamatan Desa yang diadakan di Balai Desa atau tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat seperti halnya tempat Sumber air.

Berkaitan dengan hal tersebut Desa Gadu yang merupakan wilayah Koramil Sambong Jumat (21/06/2019) menyelenggarakan acara sedekah bumi yang bertempat di kantor Balai Desa dengan mengundang Forkopimcam Sambong dan dihadiri warga Desa Gadu, karena utamanya warga Desa Gadu menganggap acara seperti merupakan bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa melalui alam yang telah memberikan hasil panen yang melimpah.

Danramil 07/Sambong Kapten Inf Sugiyono dalam sambutanya menyampaikan bahwa Tradisi sedekah bumi ini merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat setempat, umumnya pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun dari nenek moyang orang jawa jaman dahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berpotensi sebagai petani, berkebun yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak saudara atau sanak keluarga mereka dari mengais rezeki dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi. Terangnya.

Pada acara tersebut dihadiri Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ikut memeriahkan sekaligus untuk menghadiri undangan, karena sudah merupakan rutinitas tahunan setiap menyelenggarakan acara sedekah bumi Desa Gadu sudah pasti juga ada hiburan kesenian yang berupa langem tayub dan warga pun sangat antusias selama kegiatan berlangsung. (prt)

Posting Komentar

0 Komentar