About Me

bank

Babinsa Punggursugih Bersama Warga Menyiangi Tanaman Padi



Mitra Babinsa, Blora - Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal.  Keberadaan gulma yang sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan harus dibasmi melalui penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida tertentu, karena bila dibiarkan akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen.

Untuk itu Koramil 0721-12/Ngawen melalui  Punggursugih Sertu Suharmanto melaksanakan pendampingan penyiangan tanaman padi untuk membersihkan gulma dan rumput liar di sawah milik Bpk Suwarji, Poktan Subur 1 Kelurahan Punggursugih Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora , Rabu, (08/05/2019)

Di lahan seluas 0,3 hektare yang ditanami jenis padi varietas Sembada berumur 50 hari, penyiangan dilakukan secara manual.  Tanpa rasa canggung sedikitpun, Sertu Suharmanto turun ke sawah bersama-sama dengan petani melakukan pembersihan gulma dan rumput liar yang mengganggu tanaman induk.

Menurut Sertu Suharmanto, kegiatan pendampingan yang dilakukannya bersama PPL selama ini merupakan tugas tambahan selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) disamping tugas pokok yang diembannya.

"Ini bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan, selain itu kehadirannya juga guna memotivasi petani agar lebih bersemangat dalam merawat dan mengelola tanaman padinya hingga masa panen tiba hasilnya lebih optimal," ungkapnya. (Sht)

Posting Komentar

0 Komentar